Kamis, 31 Desember 2009

KEBANGKITAN DUNIA PENDIDIKAN

Hadirnya fenomena di sekitar kita yang sangat memprihatinkan dan sangat jauh berbeda dengan tujuan pendidikan nasional kita, diantaranya adalah tingginya angka kenakalan remaja, pengangguran usia produktif meningkat, tindakan asusila masih banyak mewarnai tindakan anak didik dikalangan sekolah dan pemuda kita. Fenomena itu merupakan tamparan keras bagi bangsa, khususnya kita semua sebagai orang tua yang sangat bertumpu pada anak-anak kita sebagai generasi muda penerus bangsa. Dampak dari globalisasi sangat mempengaruhi perkembangan dan kualitas hidup para generasi muda.
Manusia adalah aset yang tak ternilai yang dimiliki oleh suatu keluarga, lembaga, perusahaan, maupun negara. Urgensi pendidikan bagi sebuah generasi adalah lebih dari sekadar mempersiapkan generasi tersebut agar dapat eksis pada zamannya, tetapi lebih dari itu. Pendidikan bagi sebuah generasi adalah membangun sebuah kehidupan yang lebih berkualitas bagi negara, diri, dan orang tuanya baik didunia maupun diakhirat. Oleh karena itu, pendidikan generasi bukanlah sebuah tuntutan tetapi sebuah kebutuhan.
Di dalam Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 disebutkan bahwa: Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Oleh karena itu, usaha pendidikan yang sadar dan terencana perlu diwujudkan oleh masyarakat dalam berbagai bidang yang berakar dari nilai-nilai agama, kebudayaan nasional Indonesia dan tanggap terhadap perubahan zaman sebagaimana yang diamanatkan oleh Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara kita. Yang semuanya sangat dapat kita wujudkan dengan sangat mudah dibidang jalur formal, nonformal, atau informal.
Pendidikan nasional adalah tanggung jawab kita semua sebagai warga negara Indonesia. Hasilnya akhirnya adalah terwujudkan manusia Indonesia yang memiliki keunggulan kompetitif dan menjadi agen perubahan yang menyebarkan kebaikan serta memberikan manfaat bagi seluruh alam. Selama ini sistem pendidikan di Indonesia lebih banyak menjadikan materi sebagai tolok ukur kesuksesan dan kebahagiaan. Anak didik lebih banyak diposisikan sebagai “OBJEK PENDIDIKAN”, yang seharusnya adalah “SUBJEK PENDIDIKAN”. Para pendidik lebih banyak dituntut memiliki kamampuan “HARD SKILL” saja, tanpa mengutamakan kemampuan “SOFT SKILL” yang sudah terbukti di dunia manapun, sebagai faktor terbesar dalam kesuksesan dan kebahagiaan.

“Dan Hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah yang mereka khawatirkan terhadap kesejahteraan mereka. Oleh karena itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar” (Al Qur’an Annisaa’ :9)

Mempertimbangkan beberapa hal di atas banyak para pemerhati pendidikan berbondong-bondong membangun sekolah unggulan. Kunci keberhasilan sekolah unggulan, selain pendidikan yang baik, benar, dan bijaksana serta berkelanjutan, adalah mampu meningkatkan kualitas kebahagiaan dan kesuksesan setiap anak didiknya. Kebahagiaan adalah hak setiap makhluk hidup dan menjadi manusia sukses adalah fitrah setiap manusia. Menjadi tugas pelaku pendidikan-lah untuk memelihara dan mengembangkan keunggulan kompetitif yang sudah ada sejak lahir agar lebih berdaya guna bagi kehidupan. Tanpa komitmen 100% dari semua pelaku pendidikan mustahil akan terwujud hasil akhir pendidikan nasional yang sesuai dengan cita-cita bangsa. Langkah pertama dan terpenting yang harus dilakukan adalah memanusiakan para pendidik sehingga akan lahir para pendidik yang mempunyai kecerdasan paripurna (IQ,EQ dan SQ). Kecerdasan itu akan tampak dengan sangat jelas didalam setiap nafas relung aktivitas yang hadir di dalam kehidupannya.

Untuk membangkitkan “INNER POWER” dan potensi yang terpendam dalam tubuh manusia dibutuhkan sebuah proses yang kita sebut “Quantum Of Change”. Untuk itu dibutuhkan training yang mampu mendampingi peserta dalam melakukan perubahan sesuai tujuan yang ditetapkan secara bersama-sama sesuai dengan keberadaannya sebagai individu, anggota keluarga dan anggota organisasi masyarakat maupun organisasi di tempat kerjanya. Eyes power leadership center adalah lembaga training yang memfasilitasi peserta menjadi human being yang mulia dan nyaris sempurna yang dapat mengaktualisasikan nilai-nilai dan mendapatkan jutaan makna dalam kehidupannya. Dengan menggunakan sistem training metode Quantum of Change yang sangat simple, easy, practice dan powerfull peserta akan menjadi manusia sukses dan bahagia tanpa batas.
Sebagai wujud syukur kita kepada Allah SWT, mari kita bekerja-sama mendukung program “membangun manusia Indonesia melalui pendidikan”. Gerakan kebangkitan dunia pendidikan yang berlangsung disetiap kota ini diawali dengan kegiatan seminar, workshop dan training yang akan diikuti oleh seluruh kepala sekolah dan guru-guru TK, SD, SMP, SMA dan sederajat se-kabupaten/kotamadya. Sebagai pimpinan ditempat kerjanya, kepala sekolah akan mengawali gerakan ini dan mendukung proses kebangkitan dunia pendidikan di Indonesia khususnya di kota kabupaten tempat mereka berkarya.

Waktu : Gelombang I, 26-27 Januari 2010
Gelombang berikutnya Rutin setiap Bulan,
Minggu ke 2 dan ke 4 Pada hari Selasa-Rabu
Pukul : 08.00-17.00 WIB. ( 8 Jam )
Tempat : Gedung Graha Hijau Lt. 2 Jl. MT Haryono – Jakarta Selatan

Seminar
“Wajah pendidikan Indonesia dalam membangun Generasi Unggul Penerus Bangsa”

1. Membangun Manusia Indonesia Melalui Dunia Pendidikan
o Kepala Dinas Pendidikan DKI
2. Harapan Dunia Pendidikan, Strategi dan Rencana Aksi Pendidikan Nasional
o Prof. DR. H. Arief Rachman M.Pd
3. Wajah Dunia Pendidikan Indonesia dan Implementasi Pendidikan di Lapangan
o Drs. Zulfikri Anas, M.Ed
4. Membangun Kesuksessan Pribadi Yang Tanpa Batas Di Semua Segmen Pendidikan
o dr. Purindro Santoso
Workshop :
• Hasil akhir dunia pendidikan Indonesia (Semangat dan Harapan)
• Keunggulan kompetitif yang akan dikembangkan dan diprioritaskan oleh institusi pendidikan
• Review Strategi dan Hikmah pencapaian & penerapan sistem pendidikan Nasional (Past–Present–Future)
• Komitmen Nilai Dasar bersama untuk mewujudkan hasil akhir dunia pendidikan Indonesia
• Strategi pengembangan Potensi Keunggulan dimasing-masing sekolah
Training : “DEVELOPING UNLIMITED PERSONAL SUCCESSFULNESS”
• The Principle Of Live and Happiness
• Synergising Your Potential With Your Vision and Mission
• Decision Making and Problem Solving Strategy
• Maximize Your Potential Into Reality and Productivity. ( Dilanjutkan dengan Testimony and Commitment )

Manfaat Seminar dan Workshop:


• Bertambahnya wawasan dan pemahaman kerangka besar / Blue Print Dunia Pendidikan, kondisi nyata bangsa saat ini yang berhubungan dengan dunia pendidikan dll.
• Memahami harapan dunia pendidikan yang sebenarnya, serta mampu melakukan review / bercermin diri tentang upaya pendidikan yang telah dilakukan selama ini dan juga yang akan dilakukan
• Terbangunnya cita-cita bersama dalam mewujudkan generasi penerus bangsa yang pandai bersyukur dan beruntung serta memiliki keunggulan kompetitif yang selalu diperbaharui menjadi lebih baik dalam menjalankan perannya sebagai individu, anggota keluarga, masyarakat/organisasi secara berkelanjutan.
• Terciptanya nilai dasar sebagai budaya kerja yang dijunjung tinggi disemua lembaga pendidikan nasional
• Terciptanya strategi Pencapaian yang sederhana dan aplikatif dalam menciptakan generasi / sumber daya insani unggulan yang bisa meneruskan cita-cita para pendahulu untuk menjalankan perintah ALLAH.SWT menjadi pemimpin sebagai jalan kebaikan bagi diri, keluarga & masyarakat luas
• Terjalinnya silaturahmi dan kerjasama antar tenaga pendidik di wilayah kerjanya.

Manfaat Training

1. Terbangunnya tingkat pemahaman dan keyakinan peserta mengenai peran dirinya sebagai pelaku kehidupan khususnya ditempat dia berkarya. Munculnya sikap tanggung jawab atas diri dan Tuhan yang menciptakannya untuk mendapatkan kesuksessan dan kebahagiaan tanpa batas dalam kehidupannya yang berdampak pada efektifitas, efisiensi dan produktifitas kerja.(kata kunci Responsibility & Commitment)

2. Terbangunnya pemahaman, keyakinan bahwa dirinya adalah manusia yang memiliki potensi keunggulan kompetitif tanpa batas dan bersedia berkomitment untuk mensinergikan semua potensi sesuai dengan Visi dan Misi pribadinya seiring dengan Visi dan Misi tempat peserta berkarya menjalankan kehidupannya Terbangunnya kemampuan kerjasama yang baik dalam Team ( kata kunci  Leadership & Communication)
3. Terbangunnya kemerdekaan individu yang penuh dengan rasa tanggung jawab terhadap hidup dan permasalahannya serta bertambahnya kemampuan peserta dalam mengambil keputusan dan menyelesaikan masalah yang hadir dikehidupannya. (kata kunci  Team Building & Live Balance Master)
4. Terbangunnya pemahaman dan keyakinan setiap peserta untuk mengambil peran dalam segala hal dalam rangka membangun kesuksessan dalam diri dan lingkungan pekerjaannya, dengan bertitik tumpu pada “priority” dan “urgency” serta “result” yang diharapkan setiap individu sebagai anggota keluarga, organisasi baik ditempat kerja maupun masyarakat. (kata kunci  Focus dan Action)
5. Komitmen setiap peserta untuk mengambil tanggung jawab dalam membangun bangsa Indonesia yang sehat, sukses dan sejahtera lahir batin dengan bertitik tumpu pada individu sebagai personal, anggota keluarga, organisasi baik di tempat kerja maupun masyarakat. (Kata Kuncinya  Kesepakatan Bersama )

Contact Person : Ozi=021-94361257, Kori=021-94306140, Fitri=021-4752931, Purindro=081317721890
Email: eyespowerleadershipcenter@gmail.com, eyespower09@yahoo.com, purindro@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar